Senin, 07 Maret 2011

7 Prinsip Rahasia Membuat Sesuatu Menjadi Menarik Perhatian

Masih ingat konsep AIDA+C yang diajarkan di Formula Bisnis?
Ya betul… itulah komponen kunci sebuah salesletter. Agar sampai bisa closing, mulanya anda harus tahu bagaimana cara menarik perhatian pengunjung. Agar dapat menarik perhatian tentu saja headline salesletter harus menarik.
Di sini akan saya bocorkan prinsip-prinsip kunci agar sesuatu menjadi menarik. Dengan begitu bukan saja anda akan paham bagaimana membuat headline sales letter yang menyedot perhatian, namun juga mampu menerapkannya dalam berbagai hal.
Seperti apa misalnya Pak Joko?
Seperti bagaimana membuat blog anda menjadi menarik, membuat rumah anda menjadi menarik, atau bahkan membuat diri anda sebagai pribadi yang menarik. Sebab setiap orang pasti senang hal yang menarik, sangat baik jika anda mengetahui prinsip-prinsip menarik perhatian.
Langsung saja, simak tujuh prinsip-prinsip rahasia itu berikut ini.
  1. Hal yang paling atau sangat. Manusia tertinggi, manusia terpendek, dan sebagainya merupakan hal-hal yang menarik perhatian. Sebab apa? Sebab hal-hal yang paling atau sangat itu menjadikan mereka satu-satunya. Mampu membuat dirinya keluar dari kerumunan orang dan menjadi sesuatu yang amat bernilai di mata orang lain.
  2. Kejutan. Masih ingat saat anda memberikan hadiah kejutan pada pasangan anda? Bagaimana reaksinya? Anda bisa melihat matanya yang berbinar-binar karena terkesan akan kejutan yang anda lakukan. :)
    Kejutan membuat orang mengalami hal yang tidak biasa. Dan sangat sering itu menyenangkannya, serta pasti menarik perhatiannya.
  3. Menghibur. Hiburan atau entertainment saat ini menjadi industri yang demikian besar sebab setiap orang membutuhkan hiburan. Lebih dari itu, pada dasarnya manusia memang memburu hal yang menyenangkan.
    Sesuatu yang menghibur pasti menarik perhatian. Semakin menghibur yang anda lakukan, semakin lama mereka terpesona.
  4. Menginspirasi. Rutinitas hidup sehari-hari kadang membuat orang jenuh. Untuk itu orang butuh suatu yang fresh untuk menyegarkan kembali pikirannya. Dan untuk itu orang membutuhkan sesuatu yang menginspirasi, yang membuat mereka tercerahkan dan membuat mulut mereka tanpa sadar mengucap “wow hebat!”
    Sudahkah blog atau diri anda menginspirasi orang lain? Menjadi tempat berlabuh saat orang-orang tengah dilanda kekalutan dan membutuhkan inspirasi?
  5. Suatu yang baru. Hal baru selalu menarik perhatian. Tak percaya? Coba lihat anak anda yang bisa seharian betah bermain dengan mainan barunya. :D
    Suatu yang baru mudah menarik perhatian. Bagi anda yang sudah mengerti konsep menciptakan momentum traffik di Forbis, hal baru bisa anda manfaatkan untuk menciptakan hal itu.
  6. Cerita bagus. Yang bisa membuat anda betah nonton film berjam-jam atau menghabiskan novel beratus-ratus halaman sampai tuntas, alasannya satu: cerita yang bagus. Cerita yang bagus membuat perhatian anda selalu terjaga, menanti apa adegan atau kelanjutan kisahnya. Itulah juga mengapa storytelling merupakan salah satu elemen copywriting terdahsyat.
  7. Humor. Tak ada hal yang paling membuat orang betah melek selain humor. Humor membuat orang tertawa. Humor membuat rasa kantuk hilang dan perhatian tetap terjaga.
Bagaimana dengan tujuh prinsip di atas? Apapun pendapat anda, semoga bermanfaat. Bagi yang lupa-lupa ingat konsep AIDA+C, silakan pelajari lagi SMUO
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.