Sabtu, 05 Maret 2011

7 Tips Beriklan Menggunakan PPC

iklan adwordsBanyak cara untuk melakukan promosi di internet. Bisa dengan menggunakan sumber daya sendiri (seperti misalnya promosi lewat blog) atau menggunakan sumber daya lain (seperti menggunakan iklan berbayar).
Nah, di sini bagi anda yang menggunakan PPC sebagai salah satu senjata untuk promosi bisnis internet, berikut saya bagikan tips pasang iklan menggunakan pay per click (PPC). Tips berikut ini terutama sangat berguna bagi penyelenggara jasa iklan yang punya sistem yang bagus seperti Google Adwords.
  1. Tetapkan Anggaran Iklan. Sangat penting menentukan berapa anggaran iklan yang akan dibelanjakan. Peningkatan atau pengurangan budget iklan sangat bergantung dengan pencapaian tujuan iklan.
  2. Tambahkan Harga. Masukkan harga pada iklan yang anda rancang. Ini akan membuat target iklan langsung tahu harga produknya dan mengukur dengan kemampuan kantongnya. Bila sesuai kemampuan kantong, mereka akan mengklik iklan anda. Jika tidak, mereka akan meninggalkannya.
  3. Coba Beberapa Keyword Berbeda. Beda keyword, beda harganya. Coba gunakan beberapa keyword untuk merancang iklan yang berbeda-beda. Manfaatnya selain anda bisa tahu keefektifan tiap keyword, anda juga bisa hitung dengan cermat ROI masing-masing iklan.
  4. Analisa Data. Lihat dengan cermat mana iklan yang menghasilkan konversi terbaik untuk anda. Dan coba untuk menerapkannya juga pada iklan anda yang belum terlalu berhasil serta pada iklan-iklan baru anda.
  5. Evaluasi Konversi Penjualan. Banyak calon pembeli tidak langsung membeli saat pertama kali melihat iklan anda, namun setelah beberapa kali melihat atau di di-follow up. Untuk itu, pastikan anda memiliki kotak opt-in yang bisa anda taruh di website penjualan, di blog atau bahkan kotak opt-in di facebook.
  6. Buat Beberapa Landing Page. Untuk iklan yang berbeda, bisa anda buat landing page yang berbeda. Gunanya agar anda bisa tahu mana landing page yang menghasilkan konversi terbaik.
  7. Lanjutkan dengan SEO. Ketika anda melihat hasil iklan yang bagus pada suatu keyword, anda bisa lanjutkan juga untuk mengoptimalkan SEO untuk keyword tersebut. Menjalankan kedua teknik marketing ini yaitu PPC dan SEO akan sangat baik buat bisnis anda.
Silakan dipraktekkan untuk bisnis internet anda. Salam ACTION!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.