Jumat, 04 Maret 2011

Bagaimana Cara Menjadi Penulis

belajar menulisBoleh dibilang, ini termasuk salah satu “pertanyaan sejuta umat” di dunia penulisan.
Sejak beberapa bulan lalu, banyak sekali teman yang bertanya pada saya, “Bagaimana caranya agar saya menjadi penulis?” Banyak pula yang meminta tips atau kiatnya.
Karena banyaknya pertanyaan itulah, dan karena saya orangnya malas mengulang-ulang jawaban yang sama, maka saya akan coba tulis di sini jawabannya.
* * *
Langkah-Langkah Menjadi Penulis
Untuk menjadi penulis, yang harus Anda lakukan hanyalah satu hal: MENULIS!
Ya, sangat gampang, bukan? Menulislah!
.
“Lho, saya kan bukan penulis?”
Siapa bilang? Coba baca dulu DEFINISI PENULIS di sini dan di sini.
.
“Apa yang harus saya tulis?”
Mulailah menulis dengan tema/topik yang paling Anda sukai dan minati. Tulislah hal-hal yang paling dekat dengan keseharian Anda. Ini akan membuat Anda lebih lancar dalam menulis, sebab Anda SANGAT menguasai hal-hal yang sedang Anda bahas.
.
“Lalu saya harus menulis di mana?”
Ya, di mana saja. Di buku harian, di atas kertas, di handphone, di blog, di mana saja yang Anda inginkan.
.
“Bagaimana caranya?”
Mulailah menulis secara spontan. Secara bebas. Kiat Menulis Bebas, itu intinya.
Saya menyebutnya sebagai teknik menulis “Otak Kanan Dulu Baru Otak Kiri”.
Selengkapnya, coba baca di sini.
Baca pula konsultasi “Bagaimana Cara Memulai Menulis” di sini.
Atau, ikutilah Newsletter GRATIS “Pintar Menulis dalam 9 Minggu”.
Klik di sini (atau isi saja formulirnya yang terdapat di bagian kanan – agak ke bawah – di halaman ini).
.
“Lho, bukankan untuk menulis itu ada teorinya? Ada kiatnya? Ada pedomannya? Ada panduannya? Ada rumusnya?”
Ya, benar. Tapi semua itu bisa dipelajari sambil jalan. Yang penting, mulailah menulis secara spontan, secara bebas. Lupakan semua teori! Baca yang ini dulu deh (Dan jangan cuma dibaca. Harus dipraktekkan juga. Agar Anda makin paham maksudnya).
.
“Oke. Lantas bagaimana cara membuat tulisan yang bagus, yang berkualitas, yang menggugah, yang hebat, yang luar biasa?”
Jawabannya ada di sini.
.
“Lantas, bagaimana caranya agar saya menjadi penulis yang produktif? Saya sering kehabisan ide, lho….”
Temukan jawabannya di sini.
“Baiklah. Setelah menulis, saya tentu ingin agar karya saya dipublikasikan. Dimuat di media, atau diterbitkan menjadi buku. BAGAIMANA CARANYA?”
Tentang kiat jitu pengiriman naskah ke media massa, coba baca ebook gratis dari sahabat saya Hady Nur. Klik di sini atau di sini :)
Untuk kiat & langkah-langkah penulisan serta penerbitan buku, coba baca buku “Menerbitkan Buku Itu Gampang!” karya saya sendiri.