Kamis, 03 Maret 2011

Bagaimana Perkembangan Bisnis Internet 2011?

bisnis internet 2011 Akhir tahun lalu saya menulis bagaimana peluang bisnis internet tahun ini semakin cerah. Dan benar saja,  terbukti geliat bisnis internet sangat luar biasa. Banyak bisnis internet baru lahir, tumbuh dan beroperasi di jagad maya.
Bagaimana untuk tahun 2011?
Tak jauh beda. Bisnis internet 2011 masih sangat menjanjikan. Fase pertumbuhan bisnis internet,   khususnya  di Indonesia, masih akan menanjak. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat  sangat membantu pertumbuhan bisnis online.
Di sisi lain, kita lihat juga munculnya sejumlah marketplace di Indonesia. Ini juga akan mendukung  pertumbuhan bisnis internet Indonesia.
Juga ada sejumlah pihak dengan bermodal besar mulai memasuki ranah bisnis internet. Sejumlah situs web baru dengan beragam layanan dan positioning juga ikut menyemarakkan internet. Dunia internet  Indonesia kian meriah.
Belum lagi para raksasa internet dunia yang terus mencoba mempertahankan dominasinya dan terus melakukan ekspansi bisnis, tak terkecuali di Indonesia.
Apakah ini artinya kian tertutup peluang bisnis bagi yang bermodal minim atau bahkan dengan kemampuan internet yang seadanya?
Saya jawab TIDAK! Bisnis internet tetap terbuka buat semua kalangan. Siapapun berhak dan BISA sukses di internet, tak peduli apapun latar belakang anda.
Ini bukan soal besar atau kecil modal anda, tapi tinggal seberapa jauh anda paham bagaimana membangun bisnis internet, bagaimana mengenali iklim bisnis internet, dan persisten berjuang di dalamnya.

Bagaimana Strategi Bisnis Internet 2011?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait perubahan internet yang kian dinamis.
  • Facebook dan Google masih menjadi trend setter (sekaligus saling berebut pengaruh) yang ikut menentukan wajah internet di masa depan. Terlihat sejak tahun lalu, bagaimana kedua raksasa tersebut saling berlomba mengeluarkan produk/fitur barunya untuk saling merebut pangsa pasar masing-masing.
  • Transaksi online semakin menggembirakan. Kepercayaan masyarakat terhadap transaksi internet semakin baik. Masyarakat kian terbuka dan nyaman untuk bertransaksi melalui internet. Dukungan berbagai saluran transaksi keuangan online akan memudahkan pengguna internet.
    Mari kita jaga bersama-sama iklim ini dengan menjadikan internet sebagai tempat yang nyaman dan aman buat kita semua. Jauhi hal-hal tidak baik dan merugikan perkembangan bisnis internet.
  • Masyarakat makin cerdas. Pengguna internet makin cerdas dalam melihat berbagai penawaran di internet. Mereka bisa memilah dan memilih mana yang terbaik buat diri mereka.
  • Akses internet lewat handphone. Pengakses internet lewat handphone akan semakin besar dan bukan tak mungkin nantinya akan melebihi jumlah pengakses lewat komputer.
Fenomena di atas akan ikut mewarnai perjalanan bisnis internet tahun depan. Namun, tak perlu ragu untuk segera terjun ke bisnis internet. Pasar besar di internet menanti anda. Niche-niche baru juga terus bermunculan sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Lalu Bagaimana Memulainya?

Sederhana saja. Mulai seperti yang 3 langkah Formula Bisnis yaitu dengan menyiapkan produk/jasa , membuat situs webnya, dan lakukan promosi tiada henti. Pada tahap promosi inilah sering kali pebisnis internet pemula mudah menyerah saat hasil yang diinginkan belum tercapai.
Maka, wanti-wanti seperti saya katakan di Aset Virtual perlu diperhatikan.
Memiliki bisnis online itu hebat… dia bisa memberi Anda kemakmuran dan persiapannya cukup  mudah. Tapi faktanya, jika Anda tidak menggunakan strategi marketing yang baik dan teruji, maka bisnis online yang Anda miliki bisa menguap tak bersisa. Dan dia akan hilang selamanya.
Beneran… kalau anda amati beberapa program bisnis internet pamit tanpa permisi sepanjang 2010 ini. Memang jauh lebih banyak lagi bisnis internet baru yang hadir. Ibaratnya, mati satu tumbuh seribu.  Tapi setidaknya, anda bisa berkaca dari mereka.
Lalu apa solusinya?
Miliki marketing strategy yang solid. Strategi marketing yang kokoh bukan saja akan menyelamatkan bisnis anda, namun juga akan membawa bisnis anda mengalami pertumbuhan yang dahsyat.

Bagaimana untuk tahun 2011 ini, Pak Joko?

  1. Pertajam marketing di social media. Social media masih memegang peran penting di tahun 2011 nanti. Banyak pengguna akan betah berlama-lama di social media untuk berinteraksi. Sebagai marketer, anda perlu mempertajam aktivitas marketing anda serta melakukan analisa secara mendalam.
    Sehingga dari sana anda tahu siapa dan seperti apa pelanggan bisnis anda, anda juga bisa tahu apa  saja yang diinginkan konsumen dan bagaimana menyelaraskannya dengan bisnis internet anda.
  2. Integrasikan saluran marketing anda. Hendaknya berbagai macam saluran marketing anda terintegrasi. Ini akan membantu anda dalam mengenali kebiasaan para konsumen, sehingga anda bisa melayani mereka dengan lebih baik.
  3. Meningkatkan prospek berkualitas. Cari dan temukan prospek berkualitas.  Fokuskan aktivitas marketing anda pada prospek jenis ini sebab akan membantu peningkatan konversi penjualan anda.
  4. Rambah bisnis baru. Di internet, masih sangat banyak “lahan kosong” yang tak tergarap dengan baik. Kejelian dan kepekaan anda dalam menangkap peluang bisnis baru, bisa menjadi lahan subur yang menghasilkan banyak keuntungan.
Terakhir, penting diingat segala macam alat dan situs web di internet seperti Facebook, Twitter, atau blog tak lebih sebagai sarana. Yang jauh lebih penting adalah bagaimana anda mampu mengoptimalkannya sehingga mampu melayani pelanggan anda sebaik mungkin dan membuat bisnis anda terus melaju kencang.
Salam ACTION!
NB: Jika anda suka artikel ini, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih.