Senin, 21 Maret 2011

Bisnis Online: Market Luas Tanpa Batas

Salah satu keunggulan bisnis online adalah pasarnya yang luas. Sehingga meski anda tinggal di Semarang, di Jakarta, atau di manapun, konsumen anda bisa dari mana saja. Jangkauan pasar yang demikian luas ini membuat apapun produk yang anda pasarkan bisa diketahui pasar secara luas.
Hambatan geografis bukan lagi menjadi masalah di bisnis online. Meski tanpa harus bertatap muka langsung, pembeli dan penjual bisa bertemu secara online. Transaksi secara online. Konsumen bisa dengan mudah mendapatkan produk yang dibutuhkannya. Konsumen puas, penjual senang.
Ini jelas juga akan memperlancar perputaran ekonomi negeri ini. Yang pasti akan bermanfaat besar bagi pembangunan bangsa ini.
Lihat misalnya Pak Sofyan Faizin. Sekalipun tengah berada di tanah Arab di seberang sana, namun Pak Sofyan bisa berpromosi ke dalam negeri atau kemana saja. Cukup dengan menggunakan internet.
Bukan cuma Pak Sofyan yang sudah memulainya. Ada Bu Susie di Hongkong, ada Bu Cici K yang juga di Hongkong, Pak Sukirno di Malaysia, ada Pak Wildan, Pak Gendri, dan Pak Ahmad di Arab Saudi; Juga Pak Arif di Abudhabi. Itu beberapa nama di antara banyak orang yang sudah mencoba memulai bisnis online meski dari luar negeri.
Apa ada bisnis lain sehebat ini?
Hanya dengan bisnis online, kita bisa berbisnis ke seluruh dunia tanpa harus beranjak dari kamar tidur yang empuk. Kita bisa menjual ke orang Amerika, dengan barang milik orang Hongkong dan langsung dikirimkan dari Hongkong ke pemesan. Dan kita yang di Indonesia tetap mendapatkan komisinya. Luar biasa kan?
Ini bisnis masa depan. Saya harap anda berada di barisan terdepan penggeraknya, sekalipun di sekitar anda mungkin masih banyak yang belum sadar betapa besar potensi bisnis online ini.
Terakhir, dimanapun anda berada, bagi yang melaksanakan ibadah puasa, saya ucapkan selamat beribadah. Semoga ibadah puasa tahun ini berjalan lancar dan memberikan hikmah puasa yang berarti bagi hidup anda.