Cara sederhana menjadikan fikiran, hati selalu berfikir dan berniat positif.Sobat pernah rekreasi ke daerah pegunungan ? saya yakin sebagian besar kita sudah pernah merasakan suasana pegunungan. Mungkin sedikit gambaran suasana di sana sejuk, segar, nyaman, membuat hati pun tenang dan tentram.
Ayo kita telusuri lebih jauh lagi pegunungan itu, waah.., di daerah pegunungan juga akan bisa kita temui yang namanya air terjun. Hemm.., apa yang anda rasakan ketika berada di dekat air terjun ? saya bantu tulis jawabannya ya Cara sederhana menjadikan fikiran, hati selalu berfikir dan berniat positif. ketenangan ketika mendengar gemericik air yang menampar batu – batu di area air terjun, kesegaran karena melihat jernihnya air, atau apa lagi ? silahkan anda merasakannya.
Dari kedua hal di atas, pegunungan dan air terjun, ternyata ada pelajaran yang sangat menarik. Karena itulah saya menulis artikel ini, saya mencoba mengurainya lebih rinci.
Materi terkait artikel saya kali ini pasti akan banyak anda jumpai, apalagi tema yang saya angkat juga sudah umum. Tapi saya sadar bahwa salah satu sifat manusia adalah pelupa, makanya harus selalu diingatkan. Pun sebagai makhluk sosial, manusia juga dituntut untuk saling berbagi, karena kita tidak hidup sendiri di bumi ini.
Oke, sekilas saya tulis cara menjadikan fikiran dan hati selalu berorientasi positif yang sementara ini saya tahu dari membaca buku, blog atau web motivasi, antara lain :
  1. Fikiran anda saat bangun tidur sangat membawa pengaruh untuk kehidupan anda dalam satu hari, maka awali dengan fikiran yang positif, bahwa dalam menjalani hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.
  2. Tepis dan buang jauh – jauh ketika ada niat atau fikiran negatif menghampiri otak dan hati anda. Entah itu berasal dari dalam diri anda atau pengaruh dari luar, walaupun pengaruh tersebut datangnya dari orang yang dekat dengan anda atau bahkan yang anda sayangi sekalipun. Tambahan materi terkait hal ini ada di blog pa Joko Susilo.
  3. Usahakan semaksimal mungkin untuk selalu berada di antara orang – orang yang memiliki pengaruh dan semangat positif. Dengan begitu pengaruh dan semangat mereka akan menular kepada diri anda. Ini yang menjadi modal anda bertahan terhadap lingkungan yang membawa pengaruh negatif, sekaligus sebagai senjata untuk menjadikan lingkungan tersebut memiliki pengaruh dan semangat yang sama dengan anda, yaitu positif. Anda juga bisa baca posting dari pa Kusuma Putra.
Paling tidak tiga hal tersebut yang telah saya dan mungkin anda ketahui, namun ada sedikit tambahan lagi dari saya, hal ini saya kaitkan dengan air terjun tadi, mengapa air terjun selalu jernih airnya, sehingga bisa membuat kita mau berlama – lama berada di sana ? Jawabnya sederhana, karena air terjun selalu mengalir, setelah mendapat aliran air dari dataran yang lebih tinggi, air tersebut akan mengalir lagi ke dataran yang lebih rendah, terus seperti itu. Beda dengan air yang tertampung tapi tidak dialirkan lagi, seperti air di (maaf) comberan, kobak, got, atau apapun namanya, maka area sekitar tempat air tadi tidak akan terasa nyaman, bahkan di kawatirkan timbul berbagai penyakit. Tentunya kita juga tidak mau berlama – lama berada di sana bukan ?
Lalu maksud saya adalah, kalau saya ibaratkan fikiran dan hati itu adalah tempat air terjun atau (maaf lagi) comberan tadi, maka airnya adalah sesuatu yang anda miliki, bisa apapun, tentunya yang bermanfaat, seperti ilmu, tenaga, uang, dan lainnya. Selanjutnya pilihan ada ditangan anda, kalau anda mau fikiran dan hati anda keruh dan kotor, maka simpan saja sendiri semua ilmu, tenaga, uang dan lainnya, kemudian jadilah anda pribadi yang sombong, egois, merasa paling ini dan paling itu. Jika benar pilihan ini yang anda ambil, bersiaplah untuk menjalani hidup seorang diri, karena orang lain pun akan enggan dekat apalagi berlama – lama dengan anda.
Tapi, kalau anda mau fikiran dan hati anda selalu bersih, jadilah seperti air terjun, berbagi dengan orang lain, punya ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagilah kepada orang lain, punya tenaga atau uang, berbagilah kepada orang yang membutuhkan. Jika ini menjadi pilihan anda, bersiaplah menjadi pribadi yang selalu membawa pengaruh positif terhadap siapapun yang dekat dengannya, orang lain akan senang berlama – lama bersamanya. Anda seperti suasana sejuk nan segarnya pegunungan.
Hanya anda yang berhak menentukan pilihan untuk kehidupan anda sendiri.
Semoga bermanfaat untuk saya dan anda.

source http://www.ferryherdianto.com/cara-sederhana-menjadikan-fikiran-hati-selalu-berfikir-dan-berniat-positif/