Rabu, 02 Maret 2011

Jumlah Beras Impor Masuk ke Indonesia 1,4 Juta Ton

Foto : Jumlah Beras Impor Masuk ke Indonesia 1,4 Juta Ton
Jakarta, (tvOne)

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan bahwa hingga saat ini jumlah beras impor yang masuk ke Indonesia mencapai sekitar 1,4 juta ton.

"Yang sudah masuk sekitar 1,4 juta ton, angka pastinya saya tidak tahu," kata Hatta Rajasa usai rapat koordinasi ketahanan pangan di Jakarta, Rabu.

Ia menyebutkan, penurunan bea masuk impor beras hingga Rp0 hanya akan berlaku hingga 31 Maret 2011 setelah itu akan berlaku lagi tarif bea masuk sebelumnya. "Semua harus masuk hingga 31 Maret, kalau tidak terpenuhi tetap akan di-hold (dibatalkan)," kata Hatta.

Sementara itu Dirut Perum Bulog Sutarto Ali Moeso mengatakan, jumlah 1,4 juta ton itu termasuk beras impor yang sedang dalam perjalanan masuk ke Indonesia. "Itu termasuk yang sedang jalan," katanya.

Sutarto menyebutkan, hingga saat ini sesuai permintaan pemerintah, jumlah cadangan beras mencapai sebesar 1,6 juta ton.

Sementara untuk pengadaan beras, Sutarto mengatakan, hingga Selasa (1/3) jumlah pengadaan mencapai 79.000 ton. "Ini lebih baik dibanding tahun lalu," katanya.

Ia mengharapkan pada 2011 ini panen terjadi sepanjang tahun sehingga harga beras akan stabil. "Panen raya mungkin mulai pertengahan Maret hingga April, tapi kita berharap panen terjadi sepanjang tahun karena kalau sepanjang tahun harga akan cenderung stabil," katanya. (Ant)

http://www.tvonenews.tv/ekonomi/berita/49114/jumlah_beras_impor_masuk_ke_indonesia_14_juta_ton.html