Selasa, 22 Maret 2011

MISTERI POHON MANGGA BERBUAH PISANG DI MAGELANG

Sebelumnya cobalah anda lihat gambar foto pohon mangga berbuah "pisang" ini yang saya ambil dari detik foto :




Pohon mangga berbuah "pisang" ini tumbuh di pekarangan rumah Bejo Asmoro (45) Warga Dusun Kenteng, Desa Mangunsari Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Sebenarnya judul yang lebih tepat adalah "pohon mangga berbuah mirip pisang" atau seperti detik.com yang memberi tanda petik pada kata pisang . Namun seperti biasa supaya lebih heboh langsung hilanglah tanda kutip dan kata mirip dimaksud.

Sebenarnya saya bukan mau membahas masalah judul. Namun ingin mengulas fenomena unik tersebut. Hasil penelusuran  Asaborneo kejadian unik ini bukanlah pertama kalinya terjadi. Peristiwa serupa pernah terjasdi di Desa Tegal Andong Kec. Lebaksiu - Tegal Jawa Tengah.


Rokhim (43) pemilik pohon mangga berbuah "pisang" tersebut mengatakan sudah memetik buah tersebut, lalu mengupasnya. Diapun menggambarkan kulit buah itu benar-benar mirip kulit pisang namun setelah dibuka isinya hanya cairan berupa lendir.

Peristiwa serupa berikutnya adalah  sebuah threat di forum Kaskus. Pembuat threat mengaku di pekarangan rumahnya juga ada pohon mangga berbuah "pisang". Berikut foto-fotonya :



Penulis threat dengan tegas mengatakan bahwa buah tersebut adalah buah benalu yang menempel di pohon mangga tersebut.

Nah, dari hasil pengamatan Asaborneo, ada dua kemungkinan. Yang pertama, buah tersebut memang buah mangga namun terjadi kelainan atau semacam penyakit pada pohon mangga, akibatnya pohon mangga menghasilkan buah yang aneh dan kebetulan mirip pisang.

Kemungkinan kedua adalah buah tersebut adalah buah benalu yang menjadi parasit di pohon mangga. Saya tertarik pada sebuah komentar di detik.com yang mengatakan benalu itu dinamakan tapal gigi.

Yang mana yang benar? Saya hanya mengulas saja. Bagaimana menurut anda?
http://asaborneo.blogspot.com/2011/03/misteri-pohon-mangga-berbuah-pisang-di.html