Mengapa Anda Menggunakan Facebook?
- Beberapa waktu saya memposting soal riset online perilaku wanita berbelanja. Luar biasa tanggapan dari rekan-rekan semua.
- Dari riset tersebut, kita juga lebih tahu bagaimana perilaku konsumen online. Riset itu sekaligus membuktikan bahwa bisnis internet adalah bisnis cerah yang nantinya cepat atau lambat akan dimanfaatkan semua orang.
- Sebelumnya, saya juga sempat lakukan riset kecil-kecilan dengan metode yang sederhana yaitu melakukan survei di facebook.
- Di Facebook Joko Susilo dot com pernah saya bertanya:
Sebenarnya apa manfaat facebook untuk anda? Mengapa anda sampai sekarang masih ber-facebook-ria?
- Penggemar facebook jokosusilo(dot)com antusias menjawabnya. Nah berikut ini waktunya saya publikasikan hasilnya.
- Selama ini, kita tahu kalau tujuan orang-orang menggunakan Facebook umumnya seperti berikut ini:
- Untuk cari teman
- Untuk bisnis
- Untuk hiburan.
- Namun belum terkuak apakah sebenarnya yang menjadi tujuan utama banyak pengguna Facebook? Berapa banyak sebenarnya yang memilih tiap tujuan di atas? Dan berapakah yang menggunakan Facebook untuk beberapa tujuan sekaligus, seperti misal untuk mencari teman sekaligus melakukan facebook marketing?
- Dari jawaban rekan-rekan di facebook joko susilo, terungkap lebih detail mengapa orang menggunakan facebook.
- Berikut ini hasilnya:
- A. Hasil untuk yang menggunakan facebook untuk satu tujuan saja
- Sebanyak 20,8 persen menyatakan menggunakan Facebook untuk menambah teman dan ajang silaturahmi.
- 12,5 persen mengatakan menggunakan Facebook untuk berpromosi dan berbisnis.
- 8,3 persen menggunakan Facebook untuk mencari hiburan dan menyegarkan pikiran.
- 8,3 persen mengatakan memakai Facebook untuk mencari informasi dan menambah ilmu.
- 2,1 persen menggunakan Facebook untuk berbagi ilmu.
- B. Hasil untuk yang menggunakan facebook lebih dari satu tujuan
- Sebanyak 10,4 persen menggunakan facebook untuk berpromosi/berbisnis sekaligus menambah teman.
- 4,2 persen memakai Facebook untuk menambah teman, menambah ilmu, sekaligus berbisnis.
- 2,1 persen memanfaatkan Facebook untuk berbisnis, menambah ilmu, dan sebagai hiburan.
- 2,1 persen memilih menggunakan Facebook untuk mencari teman dan sebagai hiburan.
- Kedua hasil bagian di atas belum merupakan semua jawaban dari rekan-rekan. Keduanya baru mencakup 70,8 persen
hasil. Sisanya bagaimana?
- Pada riset di atas, sengaja saya tidak batasi pilihan jawaban, sebab untuk mengetahui tujuan dari masing-masing pengguna facebook. Luar biasanya muncul jawaban-jawaban unik dan tak terduga seperti berikut ini (persentasenya mencapai 16,6 persen).
- Berikut saya cantumkan beberapa jawaban menarik dari mereka dalam tujuan penggunaan Facebook:
- Untuk mengkoleksi gambar.
- Buat menyimpan foto tanpa harus afdruk.
- Belajar mengetik.
- Buat narsis.
- Lebih irit dari (kirim) sms.
- Tempat cari inspirasi.
- Untuk mencurahkan isi hati.
- Untuk mengontrol anak buah.
- Bagaimana menurut anda dengan jawaban-jawaban di atas? Beraneka rupa dan menarik ya?
- Oh ya, dari riset tersebut juga ada 12,5 persen yang tidak menjawab pertanyaan yang saya ajukan.
- Ringkasan hasil riset facebook di atas seperti berikut ini:
- total yang menggunakan facebook untuk satu tujuan saja mencapai 52 persen.
- 18,8 persen menggunakan facebook lebih dari satu tujuan.
- Persentase tertinggi yaitu 20,8 persen menyatakan menggunakan Facebook hanya untuk menambah teman dan sebagai ajang silaturahmi.
- Dan pesan saya:
apapun tujuan anda, hendaknya gunakan Facebook untuk tujuan positif dan bermanfaat.
- Terakhir, boleh tahu apa pendapat anda mengenai hasil riset di atas?
- Silakan tuangkan di kotak komentar dan jangan lupa gabung dalam fans page facebook jokosusilo(dot)com.
- Salam ACTION!http://www.jokosusilo.com/2010/08/28/artikel-joko-susilo-mengenai-penelitian-facebook/