Rabu, 23 Maret 2011

Bagaimana Cara Kerja Search Engine

Bagi anda yang masih kebingungan dengan SEO, mari saya kenalkan terlebih dulu bagaimana cara kerja search engine.
Ibaratkan situs web itu adalah rumah anda. Rumah anda itu memiliki ruang-ruang. Ada ruang tamu, ruang tidur, dapur dan sebagainya. Dengan pengaturan yang baik, anda bisa betah berada di rumah anda itu. Tamu yang datang ke rumah anda juga akan merasa nyaman.
Demikian juga dengan struktur situs web anda. Struktur web yang rapi akan sangat membantu untuk SEO web anda.
Mari saya jelaskan lebih jauh bagaimana search engine bekerja.
Di kalangan pengguna internet secara umum, banyak yang menyangka waktu mereka mengetikkan sebuah kata kunci di mesin pencari, maka saat itu juga search engine dengan cepat melakukan pencarian dan menampilkan di hasil pencarian.
Ini keliru!
Yang benar adalah sebelumnya search engine mengutus agen (ada yang menyebutnya dengan robot, spider, crawler atau yang lainnya) untuk menjelajah isi internet. Mereka mampir di situs web dan blog; lalu membawa pulang hasilnya dan menyimpannya dalam data base search engine.
Sampai di sini mengerti kan?
Kalau masih bingung, mari saya umpamakan kembali. Anggaplah search engine itu sebagai sebuah perusahaan dan para agen itu adalah tukang surveinya. Tukang survei itu tiap harinya ditugaskan untuk mendata web-web yang ada dan hasil laporannya mereka bawa pulang untuk disimpan dalam pusat data perusahaan.
Sekarang menjadi lebih paham kan? :)
Jadi ketika anda mengetikkan sebuah kata di search engine, misalnya Google, bukannya google saat itu juga mencari kata yang anda ketikkan. Tapi sebenarnya hasil pencarian yang ditampilkan itu adalah data yang sudah tersimpan dalam database mereka sebelumnya.
Dengan mengetahui bagaimana search engine bekerja ini, anda akan lebih paham bagaimana nantinya meng-SEO-kan situs web anda. Dan satu hal lagi yang penting, yaitu peran spider atau robot yang begitu penting. Karena mereka yang mendatangi web anda, mencatat apa isi web anda, lalu membawa pulang data tersebut dan menyimpannya dalam data base search engine.
So, ber-baik-baiklah dengan robot search engine itu. :) Beri “jamuan” yang enak ketika mereka bertandang ke “rumah” anda dan atur struktur “rumah” anda dengan rapi agar mereka tidak kebingungan ketika harus menelusuri tiap ruang di “rumah” anda. Si spider mengira sedang menuju kamar mandi, eh tidak tahunya malah nyasar ke dapur anda. Itu yang akan terjadi kalau struktur “rumah” anda tidak rapi. :D
Jamuannya adalah beri informasi yang relevan. Kalau situs web anda berisi tentang bisnis, isi dengan hal tersebut. Agar informasi yang dicatat di data base search engine nantinya, ketika dibutuhkan oleh pengguna search engine bisa sesuai. Kalau tidak, coba kalau yang anda sendiri sebagai pencari misalnya cari soal bisnis, eh malah ketemunya soal tanam-tanaman. Anda sebagai pencari informasi tentu sebel kan? :)
Nah, sekarang pasti tidak bingung lagi mengetahui bagaimana cara kerja search engine. Ada komentar, ada yang mau menambahkan, atau ada yang mau membuat pengibaratan baru? Silakan tuangkan dalam komentar. http://www.jokosusilo.com/2010/04/16/bagaimana-cara-kerja-search-engine/