Selasa, 22 Maret 2011

Inilah 10 Tips Membuat Bisnis Internet Anda Mengkilap, Kinclong, dan Lebih Bersinar

brand bisnis indonesia“Apa bedanya?”
Pertanyaan ini yang muncul dibenak konsumen ketika dihadapkan pada produk atau layanan sejenis lebih dari satu. Mau tak mau konsumen memilih dan memilah mana produk yang lebih tepat bagi dirinya.
Sedikit perbandingan riil biar lebih mudah dipahami. Apa bedanya pasta gigi merek X dengan pasta gigi merek Y? Keduanya sama-sama pasta gigi. Fungsinya sama-sama buat membersihkan gigi serta mungkin kandungan bahan-bahannya tidak jauh berbeda. Namun pasta gigi merek X bisa dijual lebih mahal dibanding dengan pasta gigi merek Y.
Kalimat terakhir di atas menjadi penting dan menarik terutama bagi anda yang berada di posisi sebagai pemilik produk /penjual. Iya kan? :)
Contoh lain misal anda bilang kenapa space iklan di blog yang sudah saya obral mati-matian tetap tidak mengundang minat pemasang iklan, sedangkan blog punya Pak Stephen Langitan misal selalu dipenuhi iklan berharga mahal. :)
Ini soal branding. Bagaimana membuat bisnis anda lebih mengkilap dibanding punya sebelah. Serta bukan hanya berbeda tapi memiliki keunikan tersendiri yang tak tergantikan oleh produk lain.
Saat bisnis anda sudah memiliki branding kuat, bisnis anda bakal berjalan lebih mantap. Memang tidak lebih mudah mempertahankan dibanding membangun, tapi yakinlah bisnis yang dibangun dari ketulusan hati dan semangat meningkatkan mutu, akan tetap langgeng bertahan—sekalipun terus dicoba untuk disikut kanan-kiri dari cara halus sampai cara kasar.
Saat anda berada pada posisi itu, tersenyumlah dan lihat betapa kalang kabutnya mereka  yang tiap harinya hanya  menyibukkan dirinya menyebarkan kenegatifan pada dunia internet; dan bukannya ikut membangun bisnis internet Indonesia secara khusus atau internet Indonesia secara umum lebih maju lagi.
(Maaf bagi pengunjung setia blog ini, sebab kemarin blog ini sempat tidak bisa diakses selama beberapa jam karena ada serangan dari “luar angkasa”. :D )
Hmmm… sampai dimana tadi ya? Sampai hampir lupa apa yang hendak saya sampaikan.  :D
Ya itu tadi soal branding dalam bisnis. Nah, tips-tips yang hendak saya sampaikan berikut ini bukan cuma soal bagaimana membuat nilai jual produk/layanan yang anda tawarkan memiliki nilai lebih tinggi, namun lebih dari itu bagaimana membuat produk/layanan memiliki nilai yang unik dan karakter kuat yang  tak tergantikan oleh produk sejenis sampai kapanpun.
Tips1:Jadilah Spesialis
Saya tahu apa saja cara menghasilkan uang dari internet dan sebagian besar model serta tekniknya pernah saya coba, eksplorasi, tes, dan amati hasilnya. Dari menghasilkan uang lewat iklan di internet, menghasilkan uang sebagai affiliate marketer, sebagai pemilik produk, dan cara-cara lainnya. Perkembangan ilmunya pun selalu saya ikuti.
Tapi saya tak hendak memosisikan diri sebagai pebisnis internet yang ahli apa saja. Saya lebih fokuskan di bidang yang saya sukai dan enjoy menjalaninya. Sekalipun kalau ada yang tanya di luar bidang tersebut, tetap saya coba jawab sesuai ilmu dan pengalaman saya.
So, pesan pertama saya jadilah spesialis. Lebih mudah membangun brand yang kuat ketika anda berada pada posisi sebagai spesialis. (Manfaat lainnya, eh kira-kira kalau anda datang ke dokter umum dibandingkan dokter spesialis, biaya  yang dikeluarkan lebih mahal mana ya? :) )
Di internet ada banyak sekali niche market yang bertebaran. Tiap bulan, di www.MrActionClub.com, saya juga bagikan niche-niche market yang potensial mendatangkan untung besar.
Tips 2: Jadilah yang Terlengkap
Kalau toko sebelah hanya mampu menyediakan lima jenis produk, tapi anda bisa menyediakan lebih lengkap.
“Loh bukannya harus spesialis?”, anda bilang begitu.
Ya, maksud saya, kalau sebuah  toko online sepatu misal hanya menawarkan lima jenis sepatu, tapi toko online sepatu anda mampu menawarkan lebih 100 macam sepatu dengan berbagai macam model dan ukurannya. Sehingga toko sepatu anda menjadi yang terlengkap; dan ini membuat konsumen selalu menempatkan toko anda sebagai referensi utama saat hendak mencari sepatu.
Tips 3: Gampang di akses
Kalau di dunia offline, lokasi toko yang mudah didatangi, tersedia lahan parkir yang mencukupi, serta suasana toko yang nyaman; menjadi beberapa kriteria konsumen dalam memilih mendatangi sebuah toko, maka di online seberapa cepat web terakses, kenyamanan ruang website dan kemudahan penggunaan fitur-fitur yang disediakan adalah beberapa pertimbanganya.
Ingat selalu MWR (most wanted response) seperti saya jelaskan di formula bisnis.
Di sini pemilihan hosting ikut berpengaruh. Juga, camkan tiap fitur yang ingin anda tambahkan di website, tanyakan apakah ini akan bermanfaat dan mempermudah konsumen anda? Bila anda tak yakin dengan jawaban anda sendiri, anda mungkin perlu lakukan survei. :)
Hmm… bagaimana pendapat rekan-rekan? Baru tiga tips yang saya sampaikan pada kesempatan ini. Sisanya saya bagikan di kesempatan berikutnya. So, kunjungi terus blog ini.