Rabu, 23 Maret 2011

Inilah 10 Tren di Dunia Internet yang Berkembang Pesat (Bagian 2)

gambar internetSehabis membaca Inilah 10 Tren di Internet yang Berkembang Pesat (Bagian 1) saya yakin anda masih bertanya-tanya, apa kira-kira lima tren di internet yang berkembang pesat dan mendapat perhatian banyak pihak. Rasa penasaran anda kini akan terobati lewat posting ini.
Silakan langsung disimak di bawah ini bagian kedua posting 10 tren di internet yang berkembang pesat.
6. Personalisasi
Seperti saya singgung sedikit di posting sebelumnya, personalisasi akan menjadi salah satu ciri tren internet mendatang. Web 3.0 istilahnya. Dengan personalisasi tersebut, kebutuhan tiap-tiap orang akan diakomodasi.
Sekarang tren itu tampak gencar penggunaannya seperti pada halaman depan Yahoo! serta misal pada hasil pencarian di Google. Personalisasi di browser pun terjadi.
Tren personalisasi di internet ini berkembang sebab tiap orang punya kebutuhan (need), keinginan (want), dan kesukaan (like) yang berlainan. Seperti kalau anda lebih suka pakai baju jenis A dan bukan baju jenis B. Personalisasi akan menjadi bagian penting perkembangan internet mendatang.
7. Manajemen konsumen
Ke depan, soal manajemen konsumen disadari sangat penting bagi siapapun yang menjalankan bisnis internet. Dengan manajemen konsumen yang baik, pebisnis bisa jauh lebih paham bagaimana kebutuhan tiap-tiap konsumen sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai yang diharapkan tiap-tiap konsumen.
Bagi pebisnis internet, kebutuhan akan adanya database konsumen yang baik, pada tahap awal sangat penting. Serta selanjutnya diikuti dengan pengelolaan database konsumen secara baik.
8. Analisis Data
Tiap data yang didapatkan dari situs web anda kemudian perlu diterjemahkan agar berguna bagi kepentingan bisnis. Di sinilah peran analisis sangat penting. Data-data apa saja yang didapatkan dari penggunaan berbagai tool, perlu dianalisis sehingga bisa digunakan sebagai titik tolak dalam ACTION selanjutnya.
9. Konversi
Masalah besar yang banyak menghinggapi para pebisnis internet adalah mengenai konversi. Tren peningkatan kebutuhan terhadap konversi akan kian besar pada tahun-tahun mendatang. Di sini ada kaitannya dengan tren analisis data di atas, bagaimana anda menerjemahkan tiap data yang dimiliki agar ACTION yang dilakukan bisa menghasilkan peningkatan konversi.
10. Iklan kontekstual
Kebutuhan akan iklan yang kontekstual makin penting. Ini penting bagi pengiklan serta pembaca iklan itu sendiri. Iklan kontesktual berusaha memenuhi kebutuhan kedua pihak ini. Bagi pemilik layanan iklan, penyediaan sistem iklan kontekstual sangat penting diperhatikan.
Bagaimana komentar anda tentang tren-tren yang berkembang pesat di dunia internet ini? Atau anda menangkap tren-tren internet lainnya, silakan bagikan di sini. Dan bagi yang belum membaca 5 tren sebelumnya silakan baca di posting tren dunia internet bagian 1.