Selasa, 22 Maret 2011

Sudahkan Anda Membuat Perencanaan Hari Ini?

Apapun bisnis yang akan anda jalankan, hendaknya mulai dengan jelas apa yang anda inginkan dari bisnis anda itu. Kenapa anda mulai bisnis di bidang ini dan bukan di bidang yang lain? Apa motivasi utama anda menjalankannya?
Ketika anda tahu apa dasar anda berbisnis, anda bisa mulai merancang dan membangun bisnis yang mendekatkan pada tercapainya tujuan anda.
Berikutnya, kalau anda sudah tahu apa bisnis anda dan kenapa anda melakukannya, serta bisnis anda mulai berjalan, penting untuk tancapkan tujuan jangka panjang bisnis anda. Apa visi bisnis anda? Apa yang ingin anda persembahkan buat orang-orang di luar sana dari bisnis anda?
Bila anda belum tahu apa visi bisnis anda, coba lihat posisi bisnis anda saat ini dan bayangkan bagaimana bisnis anda di masa depan. Seperti apa pertumbuhan yang anda inginkan dalam lima sampai sepuluh tahun mendatang? Apa manfaat terbesar yang ingin anda sebarkan buat orang-orang di luar sana?
Saya pun waktu awal menjalani bisnis internet ini belum terlalu paham pentingnya visi bisnis. Namun lambat laun setelah saya memulai bisnis internet, saya mulai sadar betapa penting visi bisnis.
Seperti Bill Gates yang memiliki visi agar tiap rumah memiliki seperangkat PC seperti yang mulai terlihat sekarang, saya pun punya visi agar tiap orang berbisnis internet. Tidak peduli dari latar belakang apapun atau meski dengan kemampuan komputer yang pas-pasan, saya ingin siapa saja dari latar belakang apa saja bisa menjalankan usaha lewat internet.
Oleh karenanya, dalam setiap produk yang saya luncurkan sebisa mungkin itu membantu golongan apapun untuk mengatasi persoalan yang dihadapinya. Saya upayakan produk-produk saya bisa diterima oleh orang awam sekalipun dan mereka mendapat manfaat yang sama baiknya dengan orang yang sudah non-awam.
Nah, kemudian untuk mewujudkan visi bisnis anda itulah diperlukan perencanaan yang terencana dan bertahap.
Anda sudah pernah baca artikel saya berjudul Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Kaya? Kira-kira seperti itu contoh tahapan-tahapan yang mesti dilakukan untuk mendekatkan terhadap tercapainya tujuan bisnis.
Disinilah peran perencanaan penting untuk mengawal agar ACTION-ACTION anda tiap harinya searah goal anda.
Namun mungkin tidak banyak yang mau melakukan ini. Coba tanya diri anda, sudahkah anda buat perencanaan bisnis setiap hari?
Kalau yang saya amati, baik secara langsung maupun tidak, sangat jarang yang melakukan ini. Yang banyak hanya mencoba ide yang muncul sambil lalu atau mengikuti tren semata. Mungkin ada hasilnya juga, tapi jarang yang kemudian hasilnya bisa berkelanjutan. Sebab tidak ada keselarasan dan keberlanjutan ACTION sesuai goal yang ingin dicapai.
Karenanya dalam bisnis kita perlu visi yang jelas dan membuat perencanaan dari hari ke hari untuk mencapai visi tersebut.
Konkretnya seperti apa Pak Joko?
Begini. Misal—karena anda bergerak di bidang penurunan berat badan—visi anda adalah membuat orang yang menderita obesitas tidak lagi mengalaminya. Dalam tiga tahun anda targetkan 10 ribu orang bisa anda bantu menyelesaikan persoalan kelebihan berat badan itu.
Berarti untuk mencapai tujuan anda itu, yang anda butuhkan adalah membantu sekitar 10 orang tiap harinya untuk keluar dari problem tersebut. Agar anda bisa membantu minimal 10 orang, anda perlu siapkan sistemnya. Baik sistem untuk mengetahui orang-orang yang mengalami problem tersebut, sistem yang membuat mereka mau anda bantu untuk menyelesaikan persoalan kelebihan berat badannya, dan yang lainnya. Anda monitor terus bagaimana sistem-sistem yang sudah anda buat berjalan seperti yang diharapkan dan mendatangkan hasil seperti yang anda inginkan. Dan jangan takut untuk lakukan improvisasi dalam sistem untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Ketika anda sudah jalankan itu semua. Ketika anda sudah punya visi bisnis, anda sudah lakukan perencanaan yang searah visi, dan anda siapkan sistem bisnis anda, saya yakin bisnis anda berjalan lebih baik.
Kalau soal kesulitan, jangan takut. Dimanapun dan kapanpun, selama kita masih hidup kesulitan itu selalu ada. Coba ubah sudut pandang anda dan ganti kesulitan menjadi sebuah tantangan yang mesti anda taklukkan. Sebab, tiap harinya kita harus lebih baik—dan tantangan itu yang menguji seberapa lebih baik kita dibanding hari kemarin.
Nah, sekarang bagaimana dengan visi bisnis, perencanaan bisnis, dan sistem bisnis anda? Jika belum ada segera ACTION!
Hasil yang anda dapat hari ini berhubungan dengan ACTION anda kemarin. Hasil anda besok, berkaitan dengan ACTION hari ini. Dan ACTION yang hendak anda kerjakan, sangat berhubungan dengan perencanaan dan visi bisnis anda.
http://www.jokosusilo.com/2010/06/01/sudahkan-anda-membuat-perencanaan-hari-ini/