Kamis, 24 Maret 2011

Bagaimana Cara Menetapkan dan Mencapai Target dengan Efektif

Tahun 2010 sudah sampai di bulan keempat, bagaimana dengan target anda tahun ini? Sudah sesuaikah dengan harapan anda? Bahwa target-target yang anda canangkan selama tahun 2010 ini ini sesuai dengan perkembangan yang dicapai? Atau sebaliknya jangan-jangan harapan anda masih jauh dari hasil yang anda capai sekarang.
Bila itu yang terjadi, bisa jadi hal itu disebabkan karena anda menetapkan target secara tidak efektif. Apa maksudnya?
Bisa jadi beberapa hal di bawah ini yang terjadi pada penetapan target anda.
  • Target anda tidak jelas. Misalnya anda bilang target anda jadi orang kaya. Ini target yang masih membingungkan. Seberapa kaya? Berapa kekayaan yang anda ingin miliki? Belum jelas kan? ;)
    Sebaiknya buat target yang jelas dan spesifik. Ini membantu anda mengarahkan fokus untuk mencapai target. Sebagai contoh misal tahun ini anda menetapkan target punya lima aset properti baru di kota anda. Ini jauh lebih jelas dibanding target sebelumnya.
  • Tetapkan batas waktu. Menetapkan deadline penting dalam tercapainya sebuah target. Tanpa batas waktu yang jelas, anda akan terlena-lena dan kurang fight untuk berjuang mewujudkan target anda.
    Sebaliknya dengan memiliki batas waktu yang jelas, anda akan fokus untuk mencapai target anda dalam batas waktu yang telah ditentukan.
  • Buat target yang realistis. Ukur kemampuan anda dalam membuat target. Jangan buat target yang sulit anda capai. Sangat baik juga bila anda membuat tahapan-tahapan target, seperti anak tangga yang harus anda lewati satu demi satu. Anda tidak bisa langsung di tangga ke sepuluh, kalau anda belum lewat tangga 1, 2, 3, dan seterusnya. Anda mungkin masih ingat cerita pada posting berjudul Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Kaya? Silakan baca kembali.
    Karenanya seperti itu juga yang saya ajarkan di mractionclub.com. Setahap demi setahap dari tingkatan paling dasar, anda dituntun untuk membangun bisnis online anda.
  • Tulis target anda. Jangan biarkan target anda hanya melintas dalam alam pikiran saja. Tuliskan target anda. Bila perlu tempel di dinding agar anda mudah melihatnya.
  • Katakan pada orang-orang. Kalau ada teman atau rekan anda yang bertanya apa maksud tulisan yang anda tempel di dinding itu, jangan malu-malu menceritakannya. Jelaskan bahwa itulah target anda. itulah arah yang sedang anda tuju.
    Dengan mengatakan pada orang-orang lain, itu akan memacu ACTION anda. Sebab kalau tidak ACTION, anda pasti akan malu ketika bertemu lagi dengan orang-orang yang pernah anda ceritakan soal target anda.
Memiliki target berarti memiliki arah dalam hidup. Artinya anda tahu apa yang harus anda lakukan dan kemana tujuan ACTION anda. Bila sudah begitu, sudah pasti tak akan ada waktu terbuang percuma untuk bertanya “apa yang harus saya lakukan hari ini?”