Selasa, 22 Maret 2011

Lanjutan dari Artikel Sebelumnya…

Merasa aneh dengan judul di atas? :)
Tidak ada yang aneh. Anda hanya perlu lihat posting “Inilah 10 Tips Membuat Bisnis Internet Anda Mengkilap, Kinclong, dan Lebih Bersinar lalu baca dan pahami.
Bagi anda yang sudah membaca pun, bila perlu anda perlu baca ulang untuk mengingat kembali dan selanjutnya di-ACTION-kan! Ya, di-ACTION-kan!
Siap untuk mengikuti tips-tips membangun brand berikutnya? Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, silakan lanjutkan baca…
Tips 4: Pelayanan konsumen
Customer service atau pelayanan konsumen memegang peranan penting dalam suatu bisnis. Pelayanan konsumen yang baik ikut mendukung terciptanya kepuasan pelanggan. Karena itu penyediaan layanan konsumen yang memadai dan selalu berorientasi pelanggan (customer oriented) adalah mutlak dalam bisnis. Customer service membuat hubungan anda dengan konsumen selalu terjaga baik.
Tips 5: Perbanyak Berikan Edukasi secara Gratis
Ketidaktahuan atau kebingungan konsumen yang membuat mereka tidak segera mengkonsumsi produk anda, bisa diatasi dengan memperbanyak memberikan edukasi. Seperti yang saya lakukan lewat blog ini misalnya, saya banyak bahas soal bisnis internet.
Anda bisa lakukan hal yang sama dengan memperbanyak edukasi pada konsumen anda. selain lewat blog, perbanyak juga pemberian free report. Ini akan membuat konsumen anda senang. Pasti!
Tips 6: Berikan Garansi yang Lebih Baik
Dalam bisnis, pemberian garansi sangat penting. Bahwa produk yang anda tawarkan memenuhi standar kualitas seperti yang diharapkan. Adanya garansi juga menunjukkan kepedulian anda pada konsumen. Dengan selalu berupaya memberikan garansi yang lebih baik, berarti anda peka akan apa yang diinginkan konsumen. Garansi yang lebih baik, artinya juga kualitas produk yang lebih baik.
Tips 7: Tambahan Bonus Spesial
Pemberian bonus sangat menyenangkan konsumen. Sebab mereka mendapatkan lebih dari yang mereka inginkan. Apalagi kalau bonus yang diberikan sangat spesial dan mereka butuhkan. Pasti tanpa ragu mereka langsung melakukan pembelian.
Kadang-kadang, justru karena bonus/hadiah-nya mereka segera membeli produknya. Pernah memperhatikan ibu-ibu membeli paket mi instan karena ingin mendapat gelas/mangkok cantik? ;)
Tips  8: Pengalaman Panjang
Bahwa anda bukan baru sehari hari ini menangani bisnis ini. Namun sudah tahunan atau bahkan puluhan tahun. Artinya anda tahu benar dengan bisnis yang anda jalani sehingga segala persoalan yang mungkin timbul akan tertangani dengan baik.
Jelaskan itu dengan baik pada konsumen anda. Sehingga mereka merasa “aman” bersama anda. Pernah lihat kan iklan produk yang mencantumkan penjelasan “berdiri sejak didirikan sejak sekian tahun lampau”? :D
Tips 9: Fokus dan Kembangkan “Kekuatan” anda
Tiap bisnis pasti punya kelebihannya masing-masing. So, fokuslah dan perkuat pada kelebihan bisnis anda itu. Ini penting sebab itu akan menjadi pembeda anda dengan yang lain; serta menjadi alasan kenapa konsumen memilih anda dan bukan yang lain.
Anda tahu dimana letak kekuatan bisnis anda?
Tips 10: Perbaiki kekurangan
Pasti tiap bisnis juga punya kekurangan. Tidak ada bisnis yang sempurna 100 persen. Karenanya anda perlu untuk melakukan perbaikan terhadap kekurangan bisnis anda.
Caranya, ketahui di bagian mana bisnis anda lemah. Lalu buat perencanaan untuk memperbaikinya, ACTION-kan, dan ukur bagaimana hasilnya.
Kesepuluh tips sederhana ini semoga membantu anda membuat bisnis anda lebih kinclong lagi.
Salam ACTION!